Perkenalan Arduino untuk Pemula

April 14, 2020

LumbuLabs.com - Arduino Uno dan LED

Perkenalan Arduino, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa group belajar elektronika yang berada di Facebokk atau sosial media lainnya banyak sekali yang membahas mengenai Arduino. Banyak dari para anggota group melakukan tanya-jawab seputar Arduino. Banyak juga diantara mereka yang menunjukan proyeknya menggunakan Arduino. Sebetulnya, apa itu Arduino? Bagaimana cara penggunaan dan pemrogramannya? Untuk menjawab hal tersebut, pada artikel ini akan dibahas mengenai Perkenalan Arduino untuk pemula. Adanya artikel ini semoga dapat membantu teman-teman sekalian untuk berkenalan dengan Arduino.

 

Perkenalan Arduino! Apa itu Arduino?

Arduino merupakan platform elektronik yang bersifat open source. Perangkat Arduino menggunakan mikrokontroler ATMega yang diproduksi oleh ATMEL. Setiap produk Arduino diapat diprogram oleh penggunanya menggunakan sofware yang bernama Arduino IDE. Software tersebut dapat diperoleh secara gratis di situs resmi Arduino. Bahasa pemrograman untuk Arduino cukup mudah dipahami, bahasa pemorgamannya turunan dari bahasa C. Perangkat lunak atau software Arduino IDE dapat dijalankan pada platform Linux, Windows maupun Mac OS. Pada gambar di bawah ini merupakan screenshot tampilan dari perangkat lunak Arduino IDE.

Bisa teman-teman lihat pada screenhot di atas, tampilan dari Arduino IDE cukup sederhana. Tidak banyak menu tersedia pada perangkat lunak tersebut. Warna pada Arduino IDE tersebut bisa dibilang salah satu ciri khas dari Arduino IDE. Area putih pada Arduino IDE merupakan area untuk pengguna melakukan coding (pemrograman). Agar Arduino dapat diprogram, terlebih dahulu Arduino harus dihubungkan ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB. Apabila sudah terhubung biasanya perangkat lunak Arduino IDE akan secara otomatis dapat membaca perangkat Arduino. Namun, apabila Arduino IDE tidak dapat membaca Arduino nampaknya ada masalah yang perlu dilakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu. Pada umumnya permasalahan Arduino tidak terbaca oleh Arduino IDE  diakibatkan oleh kondisi kabel USB yang kurang baik, driver USB yang belum terinstal, atau untuk kasus yang lebih fatal, Arduino teman-teman dalam keadaan rusak.

Karakteristik Arduino

Perlu teman-teman ketahui, saat ini berbagai macam jenis Arduino dapat kita temui lho!. Setiap jenis Arduino tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Bukan tanpa alasan, banyak nya jenis Arduino tersebut diproduksi sesuai dengan kebutuhan dari para penggunanya. Arduino Uno merupakan jenis Arduino yang paling sering digunakan oleh pemula untuk belajar. Perangkat Arduino jenis ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Jika teman-teman memiliki aplikasi marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia atau sejenisnya, teman-teman dapat dengan mudah menjumpai para penjual Arduino Uno secara online. Bahkan untuk beberapa kawasan perniagaan seperti di Jaya Plasa Bandung kita juga dapat dengan mudah menjumpai toko yang menjual Arduino.

Secara umum Arduino Uno memiliki pin digital dengan nomor 0 sampai dengan 13 serta memiliki pin analog dengan nomor 0 sampai dengan 5. Pin digital maupun pin analog ini dapat digunakan sebagai input maupun output. Pada pin digital 0 dan 1 telah secara default digunakan sebagai pin antarmuka serial (Serial IO). Disamping memiliki pin digital dan analog, pada Arduino Uno tersedia juga pin untuk kelistrikan. Jika teman-teman ingin melihat wujud dari Arduino Uno, di bawah ini terlampir foto Arduino Uno dengan mikrokontroler ATMega328. 

 

Jenis-jenis Arduino

Selain menggunakan Arduino Uno, para penggiat elektronika sering juga menggunakan Arduino Mega. Arduino Mega memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan Arduino Uno. Arduino Mega memiliki banyak pin I/O, banyak nya pin pada Arduino Mega memungkinkan penggunanya untuk memprogram sensor dalam jumlah banyak. Arduino Mega menggunakan mikrokontroler ATMega 2560, namun ada juga yang menggunakan ATMega 1280 (Arduino Mega jenis lama).

 Berikut ini merupakan beberapa jenis Arduino lainnya yang dapat teman-teman pergunakan sesuai kebutuhan :

  • Arduino Nano
  • Arduino Leonardo
  • Arduino Yun
  • Arduino 101

Finally, setelah tadi teman-teman membaca perkenalan Arduino alangkah baiknya sekarang teman-teman mulai mencoba untuk melakukan pemrograman Arduino. Pada artikel selanjutnya, teman-teman akan mempelajari dasar pemrograman Arduino. Adapun topik untuk artikel berikutnya adalah Belajar Blinking LED menggunakan Arduino Uno 

Baca petunjuk penggunaan sebelum Anda bermain dengan Arduino . . .

Memahami setiap petunjuk yang tersedia akan membantu anda dalam memahami cara penggunaan dan juga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penggunaan Arduino.

Related Articles

Arduino untuk Pemula Blinking LED

Arduino untuk Pemula Blinking LED

Cara belajar Arduino paling efektif adalah dengan cara dipraktekan secara langsung. Pada artikel yang berjudul Belajar Arduino untuk Pemula Blinking LED kali ini kita akan bersama-sama belajar secara langsung untuk memprogram Arduino Uno untuk mengendalikan LED....

Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server

Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server

Dalam penerapan IoT (Internet of Things) diperlukan sebuah media atau komponen atau perangkat yang memiliki fungsi untuk mengirimkan maupun menerima data melalui internet. Salah satu perangkat yang bisa digunakan dalam proyek IoT untuk mengirim maupun menerima data...

Stay Up to Date With The Latest News & Updates

LumbuLabs.com

Join Our Newsletter

Dapatkan update informasi dari LumbuLabs melalui email Anda

Follow Us

Follow akun media sosial LumbuLabs.