Nodemcu HTTP POST Mengirim Data ke Server
LumbuLabs.com - DHT11 dan Nodemcu

Hello, berjumpa kembali dengan LumbuLabs. Pada artikel kali ini, penulis masih membahas mengenai penggunaan nodemcu. Jika pada artikel Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server kita telah membahas penggunaan nodemcu untuk mengirim data ke database (server) menggunakan protocol HTTP method GET. Maka, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Nodemcu HTTP POST Mengirim Data ke Server. Data sensor yang akan di kirim ke server masih sama seperti artikel sebelumnya. NIlai suhu dan kelembaban dari sensor DHT11 lah yang akan di kirim ke server. After that, data tersebut akan di simpan di database MySQL.

Nodemcu menggunakan HTTP POST

Nodemcu merupakan modul elektronika yang telah dilengkapi dengan chip ESP8266. Chip ini merupakan chip untuk koneksi wifi atau wireless. Nodemcu yang terhubung dengan jaringan wifi dapat mengirim data melalui koneksi internet. Teks di bawah ini akan menjelaskan mengenai komponen yang diperlukan. Selain itu, akan dibahas juga mengenai source code atau codingan untuk mengirim data sensor DHT11 ke database.

Komponen yang diperlukan

Teman-teman yang ingin mencoba mengirim data sensor DHT11 ke database perlu mempersiapkan beberapa hal. Pastikan teman-teman menyimak baik-baik kebutuhan yang diperlukan. Nah, ini dia kebutuhan komponen yang harus disediakan :

  • Nodemcu
  • Sensor Suhu dan Kelembaban, saya menggunakan sensor DHT11
  • Kabel Jumper Secukupnya
  • Kabel USB untuk koneksi dari Nodemcu ke PC
  • Komputer yang telah terinstal aplikasi Arduino IDE dan text editor untuk pemrograman PHP (Web). Untuk text editor saya menggunakan Visual Studio Code. Teman-teman bebas bisa menggunakan text editor apapun sesuai selera.
  • Web Server (Hosting), dalam hal ini saya sudah memiliki server sendiri. Bagi teman-teman yang belum memiliki server, teman-teman bisa menggunakan layanan web hosting gratis.
  • Wifi yang terhubung ke internet 
LumbuLabs.com - Sensor DHT11
LumbuLabs.com - Nodemcu ESP8266

Pemrograman Nodemcu dan Sensor

Program untuk membaca suhu dan kelembaban menggunakan nodemcu dan DHT11 tidaklah sulit. Arduino IDE yang telah teman-teman install harus ditambahkan library DHT11. Library tersebut bisa teman-teman peroleh dari repository Github Adafruit. Oya, library nya tinggal download saja, gratis! 

Lalu, bagaimana cara menghubungkan nodemcu dan sensor DHT11? Kabel jumper diperlukan untuk menghubungkan antara nodemcu dan DHT 11. Ada 3 buah pin dari DHT11 yang harus dihubungkan. Simak tabel berikut untuk membantu teman-teman menghubungkan nodemcu dan DHT11.

Sensor DHT11 Nodemcu
GND GND
VCC 3.3 V
DATA D2

Perhatian, jangan sampai teman-teman tebalik memasang kabel nya yah! Kesalahan pemasangan kabel dapat mengakibatkan rusak atau terbakarnya komponen kalian. So, be careful ya teman-teman! Apabila semua kabel telah terpasang dengan benar, kini tiba saatnya kita untuk memulai programming. Silakan teman-teman ketik kode di bawah ini pada Arduino IDE kalian. Kode tersebut merupakan kode agar DHT11 dapat membaca suhu dan kelembaban, kemudian mengirimkannya ke database MySQL untuk disimpan. 

LumbuLabs.com - Nodemcu, DHT11 HTTP POST Web Server

Pembahasan Program

For your information, cuplikan source code di atas merupakan program untuk nodemcu mengirim data sensor DHT11 ke database MySQL. Bisa teman-teman lihat, parameter suhu dan kelembaban dikirim menggunakan method POST. Method POST merupakan salah satu method pada protocol HTTP. Pembeda antara method POST dan method GET adalah mengenai letak parameter yang dikirimkan.

HTTP request method GET menyertakan parameter pada URL, sedangkan untuk method POST data atau parameter request tidak disertakan pada URL. Parameter yang dikirim dengan method POST berada pada bagaian HTTP request body. Sesi artikel berikutnya kita akan membahas pembuatan database serta pemrograman web untuk menerima data, menyimpan dan menapilkan data sensor.

Membuat Database

Value atau nilai yang dihasilkan oleh sensor DHT11 dikirim oleh nodemcu ke server. Pada sisi server terdapat file PHP untuk menerima data. Selanjutnya, data tersebut disimpan ke dalam database MySQL. Lalu, bagaimana cara membuat database nya? Database maupun tabelnya kita buat menggunakan perintah SQL sebagai berikut :

LumbuLabs.com - Perintah SQL

Syntax SQL di atas adalah perintah-perintah SQL untuk membuat database dengan nama monitoring dan nama tabel suhu_kelembaban. Tabel tersebut memiliki 4 buah field (kolom). Yaitu, id sebagai primary key, suhu, kelembaban dan yang terakhir adalah datatime.

Pemrograman Web Monitoring Nodemcu DHT11

Tahap selanjutnya adalah pembuatan web monitoring. Proyek yang saya buat web monitoring terdiri dari beberapa bagian. Bagian pertama dari web monitoring tersebut adalah file insert.php, file ini berfungsi menerima data yang dikirim oleh nodemcu dan menyimpannya ke dalam database. Kedua, bagian selanjutnya adalah API.php, file ini berfungsi untuk menyajikan data dari database dalam rupa JSON. Data tersebut akan digunakan dalam file ketiga, file dengan nama index.php.

LumbuLabs.com - PHP menyimpan data sensor dari nodemcu
LumbuLabs.com - Source Code PHP (api.php)
LumbuLabs.com - Source Code Menampilkan data Suhu dan Kelembaban
LumbuLabs.com - Tampilan web monitoring suhu dan kelembaban

In conclusion, Nodemcu dapat digunakan untuk HTTP Request menggunakan Method POST.

Dari kegiatan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa nodemcu mendukung untuk mengirm data sensor menggunakan HTTP POST. Data berhasil dikirim ke server menggunakan protocol HTTP. Di sisi server, file PHP berhasil menrima data dan menyimpannya ke dalam database.

Divi Meetup 2019, San Francisco

Related Articles

Arduino untuk Pemula Blinking LED

Arduino untuk Pemula Blinking LED

Cara belajar Arduino paling efektif adalah dengan cara dipraktekan secara langsung. Pada artikel yang berjudul Belajar Arduino untuk Pemula Blinking LED kali ini kita akan bersama-sama belajar secara langsung untuk memprogram Arduino Uno untuk mengendalikan LED....

Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server

Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server

Dalam penerapan IoT (Internet of Things) diperlukan sebuah media atau komponen atau perangkat yang memiliki fungsi untuk mengirimkan maupun menerima data melalui internet. Salah satu perangkat yang bisa digunakan dalam proyek IoT untuk mengirim maupun menerima data...

Stay Up to Date With The Latest News & Updates

LumbuLabs.com

Join Our Newsletter

Dapatkan update informasi dari LumbuLabs melalui email Anda

Follow Us

Follow akun media sosial LumbuLabs.