Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server
LumbuLabs.com - DHT11 dan Nodemcu
Dalam penerapan IoT (Internet of Things) diperlukan sebuah media atau komponen atau perangkat yang memiliki fungsi untuk mengirimkan maupun menerima data melalui internet. Salah satu perangkat yang bisa digunakan dalam proyek IoT untuk mengirim maupun menerima data melalui internet adalah NodeMCU. Pada artikel kali ini kita akan membahasa Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenani apa itu Nodemcu, cara penggunaan nodemcu untuk mengirim data ke server disertai dengan contoh source code.

Jangan lupa teman-teman share artikel ini ke media sosial agar dapat membantu teman-teman lainnya dalam mempelajari nodemcu. Oya, bagi teman-teman yang ingin berdiskusi secara langsung dengan penulis artikel, teman-teman bisa melakukan diskusi melalui aplikasi whatsapp dengan nomor 087847328677. Atau teman-teman bisa menghubungi penulis artikel melalui email [email protected]

 

Apa itu Nodemcu?

Nodemcu adalah sebuah modul elektronika dimana modul ini sudah dilengkapi chip ESP8266. ESP8266 merupakan chip yang mendukung untuk koneksi wireless (wifi). Dengan demikian Nodemcu bisa dikatakan modul mikrokontroler yang telah dilengkapi dengan wifi sehingga modul ini sangat mendukung untuk pengembangan proyek Internet of Things. Untuk menggunakan nodemcu bisa dikatakan cukup mudah. Perangkat nodemcu bisa diprogam menggunakan Arduino IDE. Bagi teman-teman yang belum tahu Arduino IDE, Arduino IDE adalah perangkat lunak yang dibuat oleh Arduino.inc yang berfungsi untuk memprogram perangkat Arduino.

Bagi teman-teman yang ingin membeli nodemcu, harga nodemcu dipasaran relatif terjangkau. Harga perunitnya dipatok di bawah Rp 65.000,00. Harga ini saya rasa cukup terjangkau, terutama bagi kalangan mahasiswa atau pelajar yang ingin mencoba membeli nodemcu untuk belajar.

 

Nodemcu HTTP GET

Seperti telah dijelaskan di atas, nodemcu telah dilengkapi dengan wifi sehingga dapat terhubung ke internet. Pada bagian artikel ini, kita akan belajar menggunakan nodemcu untuk mengirimkan data ke server menggunkan protokol HTTP method GET. Adapun data yang akan kita coba kirim ke web server adalah data suhu dan kelembaban. 

 

Komponen yang diperlukan

Untuk belajar menggunakan nodemcu mengirim data ke web server, diperlukan beberapa hal yang harus disiapkan. adapaun hal yang harus dipersiapkan antara lain :

  • Nodemcu
  • Sensor Suhu dan Kelembaban, saya menggunakan sensor DHT 11
  • Kabel Jumper Secukupnya
  • Kabel USB untuk koneksi dari Nodemcu ke PC
  • Komputer yang telah terinstal aplikasi Arduino IDE dan text editor untuk pemrograman PHP (Web). Untuk text editor saya menggunakan Visual Studio Code. Teman-teman bebas bisa menggunakan text editor apapun sesuai selera.
  • Web Server (Hosting), dalam hal ini saya sudah memiliki server sendiri. Bagi teman-teman yang belum memiliki server, teman-teman bisa menggunakan layanan web hosting gratis.
  • Wifi yang terhubung ke internet 

Pemrograman Nodemcu dan Sensor

Pada bagian ini teman-teman telah akan mempelajari source code nodemcu untuk mengirim data sensor ke server. Dalam uji coba ini nodemcu yang digunakan adalah nodemcu pabrikan dari Lolin. Jika teman-teman memiliki nodemcu selain produksi Lolin, Amica misalnya, itu tidak masalah. Teman-teman bisa menggunakan nodemcu produksi / pabrikan apa saja, bebas!

Sebelum diprogram, kita harus rangkai dulu sensor DHT 11 dan nodemcu-nya. Pada Sensor DHT11 ada 3 buah kabel yaitu : Ground (berwana hitam), VCC (berwarna merah), dan Data (Kabel berwarna biru). Ketiga kabel tersebut kita hubungkan ke nodemcu, adapun wiring atau sambungan nya sebagai berikut : 

Sensor DHT11 Nodemcu
GND GND
VCC 3.3 V
DATA D1
JIka sensor sudah dihubungkan ke nodemcu, pastikan teman-teman untuk melakukan pengecekan ulang. Pasalnya, kesalahan pemasangan dapat mengakibatkan terbakar atau rusaknya sensor atupun nodemcu. Diperlukan ketelitian dalam bermain komponen elektronika ya teman-teman. Kalau sudah dipastikan sesuai, maka tiba saatnya kita untuk melakukan pemrograman terhadap nodemcu dan sensor tersebut.

Membuat Database 

Untuk menyimpan data nilai sensor suhu dan kelembaban, terlebih dahulu kita harus membuat database dan tabel untuk menyimpan nilai sensor tersebut. Sebagai contoh saya membuat database dengan nama monitoring dan membuat tabel dengan nama suhu_kelembaban. For example, berikut script SQL untuk membuat database tersebut :

Pemrograman Web (PHP)

PHP adalah bahasa pemrograman web yang berjalan di sisi server (server side scripting). Bahasa pemrograman PHP digunakan untuk menerima dan menampilkan data yang dikirim oleh nodemcu ke server. Selain itu, PHP juga yang menjadi jembatan untuk koneksi ke database MySQL. Pada bagian di bawah ini merupakan penggalan source code PHP yang berfungsi untuk menerima data dari nodemcu, menyimpan ke dalam database MySQL. 
JIka pada source code di atas merupakan perintah-perintah untuk menerima data dari nodemcu dan menyimpan pada database, maka pada bagian di bawah ini merupakan source code yang berfungsi untuk mengambil data sensor suhu dan kelembaban yang telah berhasil dikirim ke database. Data yang diambil oleh script PHP di bawah akan ditampilkan dalam format JSON (Javascript Object Notation).  
Berikut ini merupakan contoh data yang telah berhasil disimpan ke dalam database MySQL kemudian disajikan dalam format JSON. Data yang disajikan dalam format JSON tersebut dapat dikonsumsi atau digunakan oleh aplikasi web atau aplikasi Android untuk divisualisasikan dalam rupa text atau bahkan grafik.
Dalam uji coba yang saya lakukan, data JSON tersebut ditampilkan dalam sebuah halaman page. Berikut ini merupakan soruce code halaman web (index.php) yang merupakan source code untuk menampilkan nilai suhu dan kelembaban pada sebuah halaman web.
Jika source code diatas telah teman-teman ketik dan disimpan dengan nama index.php, teman-teman dapat membukanya pada web browser. Adapun rupa dari halaman web tersebut adalah sebagai berikut 

Nodemcu dapat digunakan untuk HTTP Request menggunakan Method GET

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan untuk mengirim data sensor DHT11 ke database server, dapat disimpulkan bahwa nodemcu mendukung untuk digunakan dalam proyek IoT (Internet of Things). Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya proses pengiriman data sensor ke server melalui protocol HTTP (method GET)

Download source code

Related Articles

Fixing Archive Manager Error : Parsing filter is not supported

Fixing Archive Manager Error : Parsing filter is not supported

Para pengguna distro Linux terutama Ubuntu untuk megekstrak file yang terkompres biasanya menggunakan Archive Manager. Saat pertama kali menggunakan aplikasi tersebut kita berasumsi bahwa aplikasi tersebut dapat mengekstrak semua jenis file. Namun, nyata tidak seperti...

Arduino untuk Pemula Blinking LED

Arduino untuk Pemula Blinking LED

Cara belajar Arduino paling efektif adalah dengan cara dipraktekan secara langsung. Pada artikel yang berjudul Belajar Arduino untuk Pemula Blinking LED kali ini kita akan bersama-sama belajar secara langsung untuk memprogram Arduino Uno untuk mengendalikan LED....

Stay Up to Date With The Latest News & Updates

LumbuLabs.com

Join Our Newsletter

Dapatkan update informasi dari LumbuLabs melalui email Anda

Follow Us

Follow akun media sosial LumbuLabs.