Internet of Things : Menyalakan Lampu Via Internet dari Android menggunakan Protocol MQTT
LumbuLabs.com - Menyalakan Lampu Via Internet dari Android menggunakan Protocol MQTT

Wilujeng sumping! Selamat datang, di LumbuLabs.com! Artikel saya yang berjudul Nodemcu HTTP POST Mengirim Data ke Server, telah dibahas mengenai penggunaan nodemcu pada protocol HTTP. Sesi kali ini saya akan berbagi informasi mengenai penggunaan protocol MQTT. Sehingga artikel kali ini saya beri judul Internet of Things : Menyalakan Lampu Via Internet dari Android menggunakan Protocol MQTT.

Protocol MQTT

MQTT merupakan singkatan dari Message Queuing Telemetry Transport. Protocol MQTT menerapkan konsep pub-sub (publish-subscribe). Hal ini berbeda dengan konsep pada protocol HTTP yang menerapkan konsep request – response. Dari awal dirancang, protocol ini memang diperuntukan untuk komunikasi machine-to-machine. Protocol MQTT berjalan di atas stack TCP/IP. Penggunaan protocol MQTT sangat cocok untuk IoT, karena protocol MQTT cukup ringan dan hemat energi.

Nodemcu dan MQTT

Nodemcu merupakan sebuah perangkat (komponen) elektronika yang sudah memiliki chip wireless. Chip wireless yang digunakan adalah ESP8266. Telah diinformasikan di atas, nodemcu dapat digunakan untuk komunikasi ke server menggunakan protocol HTTP. Lalu, apakah nodemcu bisa digunakan untuk komunikasi pada protocol MQTT? Jawabannya adalah ya!

Perangkat nodemcu dapat digunakan untuk komunikasi pada protocol MQTT. Banyak tersedia library yang dapat digunakan oleh nodemcu untuk komunikasi melalui MQTT. Adapun library yang pernah dan biasa saya gunakan adalah library dari Adafruit. Menurut saya, library ini sangat mudah dimengerti dan digunakan. Teman-teman dapat memperoleh library Adafruit MQTT dari repository Github Adafruit. Library tersebut bisa teman-teman peroleh secara gratis.

Android dan MQTT

Dalam beberapa tahun terakhir semenjak hadirnya Android di masyarakat, beberapa aspek kehidupan masyarakat cukup banyak terpengaruhi. Jika ingin berbelanja, tidak perlu ke toko atau ke pasar. Masyarakat bisa belanja secara online melalui Android. Jika ingin silaturahmi bertatap muka, bisa buka aplikasi video call. Bahkan, apabila ingin konsultasi ke dokter pun bisa dilakukan melalui aplikasi pada perangkat Android. Banyak sekali aplikasi/paltform yang membantu kehidupan masyarakat.

Sementara itu, kehadiran Android pun cukup berpengaruh dalam hal Internet of Things. Sebagai contoh, kini masyarakat dengan mudah bisa memantau keadaan cuaca di daerahnya, melacak kendaraan, berkirim pesan dan lain sebaginya secara realtime melalui internet. Salah satu protocol komunikasi yang dapat diimplementasikan pada Android untuk komunikasi secara realtime adalah MQTT.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba menerapkan MQTT pada proyek Android bisa menggunakan library dari Eclipse Paho. Pengguna Android Studio bisa menambahkan dependency pada proyek nya dengan cara berikut :

repositories {
    maven {
        url "https://repo.eclipse.org/content/repositories/paho-snapshots/"
    }
}


dependencies {
    compile 'org.eclipse.paho:org.eclipse.paho.client.mqttv3:1.1.0'
    compile 'org.eclipse.paho:org.eclipse.paho.android.service:1.1.1'
}

Internet of Things : Android – Nodemcu kendali lampu

Pada sesi ini, saya akan mendemonstrasikan menyalakan lampu via internet dari Android. Teman-teman bisa menonton penerapan internet of things untuk kendali lampu dari android secara realtime. Dan, ini dia videonya, selamat menonton!

Menurut saya, MQTT sangat cocok untuk digunakan dalam proyek IoT

Bagi teman-teman yang sudah menonton video di atas, teman-teman dapat melihat bagaimana Andoid dapat mengendalikan lampu secara realtime. In conclusion, salah satu alasan saya menggunakan MQTT untuk IoT adalah karena MQTT mendukung realtime komunikasi.

Divi Meetup 2019, San Francisco

Related Articles

Arduino untuk Pemula Blinking LED

Arduino untuk Pemula Blinking LED

Cara belajar Arduino paling efektif adalah dengan cara dipraktekan secara langsung. Pada artikel yang berjudul Belajar Arduino untuk Pemula Blinking LED kali ini kita akan bersama-sama belajar secara langsung untuk memprogram Arduino Uno untuk mengendalikan LED....

Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server

Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server

Dalam penerapan IoT (Internet of Things) diperlukan sebuah media atau komponen atau perangkat yang memiliki fungsi untuk mengirimkan maupun menerima data melalui internet. Salah satu perangkat yang bisa digunakan dalam proyek IoT untuk mengirim maupun menerima data...

Nodemcu HTTP POST Mengirim Data ke Server

Nodemcu HTTP POST Mengirim Data ke Server

Hello, berjumpa kembali dengan LumbuLabs. Pada artikel kali ini, penulis masih membahas mengenai penggunaan nodemcu. Jika pada artikel Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server kita telah membahas penggunaan nodemcu untuk mengirim data ke database (server) menggunakan...

Stay Up to Date With The Latest News & Updates

LumbuLabs.com

Join Our Newsletter

Dapatkan update informasi dari LumbuLabs melalui email Anda

Follow Us

Follow akun media sosial LumbuLabs.