ADS Area

Arduino untuk Pemula Blinking LED
Arduino Uno

Cara belajar Arduino paling efektif adalah dengan cara dipraktekan secara langsung. Pada artikel yang berjudul Belajar Arduino untuk Pemula Blinking LED kali ini kita akan bersama-sama belajar secara langsung untuk memprogram Arduino Uno untuk mengendalikan LED. Dengan adanya artikel ini diharapkan dapat membantu teman-teman dalam langkah awal dalam belajar Arduino. Bagi teman-teman jika dalam mengikuti proses belajar dari artikel ini ada yang mengalami kesulitan atau kendala, teman-teman dapat menyampaikannya kepada penulis melalu kolom komentar yang tersedia pada bagian bawah artikel ini. Atau teman-teman juga bisa menyampaikan pertanyaan dan berdiskusi secara langsung dengan cara mengubungi penulis lewat aplikasi whatsapp dengan nomor +6287847328677 

 

 

Persiapan Belajar

Sebelum kita memulai untuk belajar ada beberapa hal yang terleih dahulu harus kita persiapkan. Berikut ini merupakanan hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan belajar Arduino untuk blinking LED :

  • Arduino IDE
  • Arduino Uno
  • Kabel USB FTDI
  • Kabel Jumper
  • LED
  • Breadboard

Arduino IDE

Arduino IDE adalah perangkat lunak yang akan digunakan untuk memprogram perangkat Arduino. Arduino IDE bersifat opensoure. Teman-teman bisa mendapatkan Arduino IDE dengan cara download gratis di website resmi Arduino. Setelah download silakan teman-teman ekstrak file hasil download tersebut, dan Arduino IDE sudah bisa digunakan.

 

Arduino Uno

Dalam belajar kali ini kita akan menggunkan Arduino Uno sebagai media belajar. Kenapa menggunakan Arduino Uno? Arduino Uno dipilih karena mudah untuk dipelajari. Selain itu, Arduino Uno dapat dengan mudah kita temukan di pasaran dan harganya pun relatif terjangkau.

 

Kabel USB FTDI

Kabel USB FTDI diperlukan sebagai media agar Arduino dapat terhubung ke komputer. Kabel ini berfungsi untuk mengirimkan program yang dibuat pada Arduino IDE ke dalam mikrokontroler yang terpasang pada Arduino. Beberapa toko online menjual Arduino telah dilengkapi dengan kabel USB FTDI.

 

Kabel Jumper

Kabel Jumper digunakan untuk menghubungkan kaki-kaki pada LED dengan pin-pin pada Arduino Uno. Kabel jumper yang bisa teman-teman pakai adalah jenis male to male. Ujung kabel jumper pertama terhubung ke Arduino dan ujung kabel jumper lainnya pada lubang breadboard menuju ke LED.

 

LED

LED merupakan  singkatan dari Light Emiting Diode, dalam proses belajar kali ini kita akan menggunakan LED untuk dikendalikan oleh perangkat Arduino. Salah satunya kita akan mencoba untuk membuat LED kedip-kedip menggunakan Arduino.  

 

Breadboard

Breadbroad digunakan sebagai prototype board. Dengan adanya breadboard kita dapat melakkan tes rangkaian elektronika tanpa harus melakukan soldering. Bagi teman-teman yang sedang belajar, saya rasa wajib untuk memiliki breadboard untuk memudahkan teman-teman dalam proses belajar

 

Memulai Pemrograman Arduino

Setelah semua kebutuhan dipersiapkan, maka tahap selanjutnya adalah memulai pemrograman. Adapun program yang akan kita buat adalah blinking LED atau membuat LED kelap-kelap dalam beberapa waktu. Di bawah ini merupakan source code yang harus teman-teman ketikan pada Arduino IDE.

Bagi teman-teman yang baru pertama kali terjun ke dalam dunia pemrograman, mungkin akan sedikit asing ketika melihat baris-baris program yang ada di atas. Mari kita bahas baris-baris program tersebut agar tidak terjadi kebingungan berkelanjutan.

Merupakan pendeklarasian variabel ledPin diberi nilai 2.  kenapa variabel ledPin diberikan nilai 2? Alasannya nya adalah karena pada proses belajar ini, kita akan mengendalikan LED yang terbubung ke pin Digital 2 (D2) pada Arduino Uno. Jika teman-teman menggunakan pin lain, teman-teman dapat mengganti angka 2 tersebut sesuai pin yang teman-teman gunakan.

Penggalan kode diatas merupakan proses inisialisasi pin digital 2 akan digunakan sebagai pin OUTPUT. Artinya, pin digital 2 akan digunakan sebagai pin keluaran.

Bagian program yang berada dalam scope void loop merupakan bagian program yang akan berjalan secara terus menerus selama Arduino menerima catu daya. Dalam hal ini Arduino Uno akan menyalakan LED selama 1 detik kemudian mematikannya dalam 1 detik secara berulang-ulang. Jika teman-teman ingin mengubah jeda atau interval dari lama LED menyala atau mati, teman-teman dapat mengubah nilai yang berada lama fungsi delay().

Video Demo

Pada artikel di atas kita telah membahas mengenai alat dan bahan yang diperlukan untuk belajar blinking LED, lalu dilanjutkan dengan pembahasan singkat program, maka pada bagian ini akan ditunjukan video demo Arduino Uno Blinking LED. Teman-teman bisa melihat video nya di bawah ini

Untuk teman-teman yang ingin mempelajari tentang hardware lain, nodemcu dan IoT misalnya. Teman-teman bisa membancanya pada artikel Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server.

Download source code

Related Articles

Fixing Archive Manager Error : Parsing filter is not supported

Fixing Archive Manager Error : Parsing filter is not supported

Para pengguna distro Linux terutama Ubuntu untuk megekstrak file yang terkompres biasanya menggunakan Archive Manager. Saat pertama kali menggunakan aplikasi tersebut kita berasumsi bahwa aplikasi tersebut dapat mengekstrak semua jenis file. Namun, nyata tidak seperti...

Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server

Nodemcu HTTP GET Mengirim Data ke Server

Dalam penerapan IoT (Internet of Things) diperlukan sebuah media atau komponen atau perangkat yang memiliki fungsi untuk mengirimkan maupun menerima data melalui internet. Salah satu perangkat yang bisa digunakan dalam proyek IoT untuk mengirim maupun menerima data...

Stay Up to Date With The Latest News & Updates

LumbuLabs.com

Join Our Newsletter

Dapatkan update informasi dari LumbuLabs melalui email Anda

Follow Us

Follow akun media sosial LumbuLabs.